Demi Biayai Pengobatan Anak, Seorang Ayah di China Nekat Buat Uang Palsu

Demi anak, orangtua pasti rela melakukan apa saja. Terlebih saat anak sedang sakit dan memerlukan pertolongan. Namun, apa yang dilakukan oleh seorang ayah di China berujung urusan dengan pihak hukum.

Seperti dikutip dari laman South China Morning Post, untuk membayar biaya pengobatan sang anak, pria yang tinggal di Provinsi Anhui, China ini ditangkap karena memproduksi uang palsu.

Dalam proses penggeledahan di rumah pelaku, polisi menemukan uang tunai palsu senilai 2,5 juta yuan atau setara dengan Rp 5,3 miliar.

Rupanya, pria bernama Wang itu tidak melakukan sendirian. Ia meminta bantuan ayah kandungnya dalam proses mencetak uang palsu.

Pada proses penyelidikan, polisi mengatakan bahwa Wang telah melakukan praktik ini sejak tahun 2017 lalu.

Pria ini mengetahui cara pembuatan uang palsu dari video tutorial di intenet. Sejumlah alat bantu seperti mesin printer dan tinta dari toko terdekat.

Untuk menutupi segala kekurangan dari uang palsu ciptaannya, Wang melakukan serangkaian uji coba. Bersama sang ayah ia berupaya agar uang ini bisa sama persis dengan yang asli.

Sementara itu, ayahnya yang bertugas untuk mencetak dan memotong uang. Bukan hanya digunakan untuk membayar biaya pengobatan di rumah sakit, uang ini juga digunakan untuk membeli kebutuhan sehari-hari.

Kini, proses penyelidikan terus dilakukan oleh polisi China. Apabila ditemukan kesalahan, maka pria ini akan dikenakan sanksi berat yang berlaku.
 

Komentar

Postingan Populer