Unik , Kadal Yang Memiliki Kepala Palsu di Australia
Salah satu jenis kadal yang paling aneh dan unik adalah Thorny Devil atau Mountain Devil Lizard. Nama latinnya Molorch Horridus. Kalau di lihat dari namanya Thorny Devil seperti monster yang sangat besar, ternyata Thorny Devil hanya seekor kadal yang memiliki panjang 8 – 15 cm saja.

Hewan unik ini yang di temukan oleh John Gould pada tahun 1840 ini termasuk bangsa kadal berduri. Thorny Devil di temukan pada dua habitat yang berbeda, yang pertama di temukan di dataran berpasir di  jalur selatan Australia, sementara yang lainnya di jumpai di pegunungan gurun pasir sebelah barat daya Australia. Panjang tubuh thorny devil ini bermacam macam, hewan unik ini tidak memiliki makanan khusus, hewan ini hanya memakan spesies semut dan memakan 24 – 25 semut setiap menitnya.

Thorny Devil tersebut memiliki tonjolan berduri di bagian belakang lehernya yang terlihat seperti kepala palsu, saat terancam mereka akan menyembunyikan kepala aslinya di antara kaki kaki bagian depan, dan kepala palsunya kan berada di posisi di kepala aslinya , keunikan tersebut akan mempersulit predator untuk menelan thorny devil, dan hewan ini dapat menhirup udara dan menggelembungkan tubunya saat mereka terancam.

Thorny Devil berjalan perlahan dengan gerakan tersendat sendat dan mereka sering berdiam di tempat lalu berjalan lagi, sering dengan kaki terangkat dari tanah. Kadal ini dapat berubah warna dengan cepat, saat aktif biasanya berwarna kuning pucat dan merah, tapi saat ada bahaya atau saat dingin warnanya kehijauan. Meskipun pandai berkamuflase dan tubuhnya berduri, bukan berarti kadal ini kebal terhadap predator. aborigin Australia dan bustards, baik predator visual, telah diamati untuk memangsa setan berduri. Varanus gouldi, Varanus tristis dan raptors adalah beberapa predator dari kadal ini.

Thorny Devil bertelur dari pertengahan september hingga pertengah desember dengan jumlah telur yang bervariasi dari 8 sampai 10, masa inkubasi 90 sampai 132 hari. bayi kadal unik ini akan makan sisa kulit telurnya untuk menambah berat badan dan kalsium.


Komentar

Postingan Populer